How to Unlock Smartfren Andromax C to Dual GSM

Smartfren Andromax C atau Hisense AD686G adalah smartphone keluaran provider smartfren untuk memperlaris paket datanya. Smartphone ini adalah kelas low end dari saudara-sudaranya di Andromax, namun demikian, smartphone ini sudah lumayan bagus dan stabil untuk di gunakan sewajarnya tentunya dengan bugget amat minim karena harga smartphone ini di bandrol di bawah 800 ribu rupiah, murah bukan untuk kelas smartphone android dengan OS Jelly Bean?.

Smartfren saat ini memang menjadi provider penyedia data paling stabil dan murah di Indonesia. Dimana harga yang ditawarkan jauh di bawah kompetitor-kompetitornya dengan durasi atau limit yang memuaskan. Tapi sayang, tidak semua tempat dapat di jangkau oleh sinyal smartfren itu sendiri, hanya daerah perkotaan yang signalnya tersedia full sedangkan di desa masih susah untuk mencari signal smartfren ini.

Nah, bertolak dari hal tersebut,sekarang saatnya kita mencari solusi, dimana HP sudah di tangan tetapi signal smartfren yang notabene CDMA tidak tersedia di kawasan kita. Jangan ambil pusing dulu, simaklah agar smartfren andromaxC anda bisa digunakan paket data GSM karena layanan defultnya paket data menggunakan CDMA di card 1. Sekarang kita ubah HP anda menjadi Dual GSM, gimana caranya? simak baik-baik dan ikuti langkah demi langkahnya.

Pertama kita akan unlock GSM, oleh karena itu backup dulu IMEI/ MEID menggunakan Anroid Terminal Emulator. Tampilannya seperti di bawah ini. Setelah download dan instal, buka dan ketikkan berikut ini yang berwarna merah  (a) su (b) cat /proc/partitions (c) dd if=/dev/block/mmcblk0p6 of=/sdcard/mmcblk0p6 (d) dd if=/dev/block/mmcblk0p7 of=/sdcard/mmcblk0p7 (e) dd if=/dev/block/mmcblk0p8 of=/sdcard/mmcblk0p8  

Setelah itu, lihat apakah file mmcblk0p6, mmcblk0p7, mmcblk0p8 sudah ada di SDCard. Jika ada, copy 3 file tersebut ke PC. kemudian unduh File berikut  berformat zip, setelah selesai unduh Lalu masukkan 3 file tadi (mmcblk0p6, mmcblk0p7, mmcblk0p8) ke dalamnya dengan cara drag n drop. Pastikan 3 file (mmcblk0p6, mmcblk0p7, mmcblk0p8, dan sebuah folder META-INF) ada di dalam file zip backup tadi. Jika sudah ada, amankan file zip tersebut.


Ketiga kita akan melakukan ROOT , download File ini dan setelah selesai download, ikuti langkah langkah ini : 
1) Flash file yang sudah di download (unlock_mdm_maxc-jb.zip) via CWM, tunggu sampai selesai.
2) Reboot seperti biasa.
3) Buka System Settings > About > Status, pastikan MEID sudah berubah jadi 000000000000 (nol semua). Jika sudah nol semua berarti smartphone sudah selesai di Unlock
, lalu kita bisa masuk ke tahap selanjutnya untuk ubah jadi Dual GSM. Jika belum nol semua, flash lagi.

Selanjutnya download aplikasi anycut di play store mu. download dan instal
a) Install Anycut, Cari di Playstore.
b) Buka Aplikasi Anycut, Pilih New Shotcut > Activity > Testing > Klik OK.
c) Tekan tombol home, dihome screen akan muncul Menu Testing.
d) Masuk ke Testing > Pilih Phone Information > SLOT1 >Scroll ke bawah, Ganti CDMA auto (PRL) ke GSM/CDMA auto (PRL). Selesai.
e) Matikan smartphone, masukkan Kartu GSM ke Slot 1 dan hidupkan smartphone seperti biasa. Proses pencarian sinyal GSM memang agak lama, jadi sabar dan tunggu sampai icon sinyal G muncul.

Kekurangan setelah di uprak aprik adalah sebagai berikut :
Tidak bisa charge dalam kondisi mati. Jika ada panggilan masuk, akan terjawab secara otomatis. Mode Penyimpanan USB tidak bisa digunakan.dan  SMS yang diterima terkadang pending.

Post a Comment

0 Comments